Contoh Proposal Usaha

LengkapBanget.com – Contoh Proposal Usaha – Proposal usaha merupakan hal yang penting dalam membuat sebuah usaha. Proposal Usaha menjelaskan bagaimana bentuk usaha yang kita bangun secara terperinci. Dalam pembuatan Proposal usaha, kita memerlukan waktu yang tidak singkat. Mulai dari melakukan survey, penelitian, dan menentukan tempat yang strategis untuk usaha kita. Jadi, dalam membuat Proposal usaha, diperlukan pemikiran dalam segala aspek agar usaha tersebut dapat berdiri.

contoh proposal usaha Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha Laundry Kiloan “Kinclong”

A. Pendahuluan

1. Latar Belakang
Di daerah sekitar universitas atau tempat kuliah sejenisnya banyak terdapat kos-kosan untuk para mahasiswa yang datang dari luar daerah. Dan sangat tidak mungkin apabila mahasiswa tersebut membawa mesin cuci dari rumahnya untuk mencuci pakaian. Biasanya, ia hanya membawa ember untuk mencuci pakaian secara ‘manual’. Namun, mahasiswa semester pertengahan biasanya kesibukannya lebih meningkat dari biasanya sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaian. Bahkan, mahasiswa yang tidak sibuk pun terkadang ada yang lebih memilih laundry daripada harus mencuci pakaian sendiri.

Dengan kondisi tersebut, peluang bisnis laundry terbuka lebar dan MENJANJIKAN. Untuk memanfaatkan kondisi seperti ini, kami mencoba mendirikan sebuah usaha laundry bernama “Kinclong”.

2. Tujuan
Tujuan didirikannya usaha ini yaitu:
• Mengembangkan dan melangsungkan usaha laundry ini
• Memberikan manfaat dari usaha laundry ini kepada para konsumen
• Memasarkan usaha laundry ini sebaik mungkin

B. Aspek Pasar dan Pemasaran

1. Pemasaran
Pangsa pasar ini merupakan para mahasiswa atau pelajar, anak kos-kosan, dan para ibu rumah tangga yang kesulitan untuk mencuci pakaian tanpa mesin cuci. Untuk promosi, kami akan memberikan kupon laundry gratis untuk konsumen yang me-laundry lebih dari 3 kg dalam satu hari. Program ini berlangsung hingga 2 bulan.

2. Produk
Biaya untuk cuci setrika Rp. 3.000/kg, cuci saja Rp. 1.500/kg, setrika saja Rp. 2.000/kg.

3. Strategi Pemasaran
Kami melakukan pemasaran menggunakan pamphlet, brosur, dan spanduk di sekitar lokasi.

4. Prospek Pasar dan Pemasarannya
Seluruh penghuni kos-kosan dan sekitarnya.

5. Keunggulan
Yang menjadikan laundry ini berbeda dengan laundry lainnya ialah konsumen dapat memilih sendiri jenis pewangi APA SESUAI dengan apa yang diinginkan. Kami memberikan sampel pewangi agar konsumen dapat mencium aroma pewangi secara langsung.

C. Aspek SDM
Kami dapat mencari pegawai dengan mudah karena kami tidak memberi persyaratan dan keahlian khusus untuk melamar sebagai pegawai. Namun, kami memilih karyawan yang tekun dan giat dalam bekerja. Kami memberi gaji per kg baju yang telah dicuci sebagai imbalan.

D. Aspek Peralatan dan Perlengkapan

1. Letak Lokasi
Berada di dekat kos-kosan, di dekat universitas, dan di pinggir jalan.

2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas Ruang: 50 m (lebar) x 80 m (panjang)

3. Asumsi Kebutuhan Ruang
• Tempat mesin cuci
• Tempat menjemur pakaian
• Kasir

Peralatan laundry yang dibutuhkan sebagai berikut:
• 2 mesin cuci
• Setrika dan alasnya
• Jemuran
• Neraca
• Mesin kasir
• Rak pakaian
• Seragam pegawai

Dalam membuat proposal usaha, berikan keterangan yang rinci agar proposal anda mudah dimengerti dan dapat diterima. Saya berharap contoh proposal usaha di atas dapat membantu anda dalam menyampaikan usaha anda kepada investor maupun penanam modal.

Suka menulis tentang kesehatan, wisata, kecantikan dan pekerjaan. Imut supel, suka travelling.

Be first to comment