Contoh Soal Psikotes

LengkapBanget.com – Contoh Soal Psikotes - Psikotes adalah salah satu tes yang biasa dihadapi oleh para pencari kerja, dalam beberapa tahun terakir ini ujian psikotest juga diberlakukan kepada calon mahasiswa perguruan tinggi tertentu sebagai salah satu syarat untuk menentukan tingkat kompetensi dan fakultas yang sesuai dengan karakter dan kepribadian yang telah dimilki oleh calon mahasiswa. Jika dahulu perusahaan menerapkan ini untuk calon-calon karyawan barunya kini perusahaan juga menerapkan tes yang sejenis untuk karyawan-karyawan yang akan mendapatkan kenaikan tingkat atau jenjang karier, kendati jenis dan nama test nya sedikti berbeda namun masih berkutat di hal yang sama yaitu untuk mengetahui kepribadian, kecenderungan dan potensi seseorang. Bagi mereka yang belum pernah melakukan test seperti ini biasanya mereka akan kebingungan dan sebikit gugup namun sebenarnya hal ini tidka perlu terjadi karena perasaan gugup malah akan menjadi penghambat seseorang untuk berfikir logis, padahal dalam tes seperti ini seseorang dituntut untuk berfikir logis. Berikut beberapa contoh soal psikotes:

contoh soal psikotes Contoh Soal Psikotes

1. Test Warteg
Contoh soal psikotes yang pertama adalah test Warteg. Dalam test ini anda akan dihadapkan pada 8 kotak kosong, pada masing-masing kotak terdapat garis yang digambarkan dengan beberapa bentuk, nah tugas anda adalah meneruskan garis-garis tersebut menjadi sebuah gambar yang harus memiliki arti karena pada akhir test anda diwajibkan untuk menuliskan benda apa yang anda gambar, kemudian anda juga akan disuruh memberikan nomor pada kotak sesuai urutan saat anda menggambar, dan pada akhir test anda akan diminta untuk menyebutkan benda yang paling sulit dan paling mudah anda gambar serta benda yang paling anda sukai dan yang paling tidka anda sukai dalam gambar tersebut. Dalam mengerjakan test ini biasanya anda akan diberikan batasan waktu maka untuk bisa memaksimalkannya anda harus berfikir tenang dan logis.

2. Tes Kraepelin
Tes Kraepelin adalah salah satu contoh soal psikotes yang akan mengetahui seberapa mampu anda bertahan menghadapi kondisi tertekan, dalam test ini anda akan mendapatkan sebuah kertas lembaran putih besar yang berisikan angka-angka disusun secara vertikal hingga membentuk kolom-kolom , tugas anda adalah menjumlahkan angka atas dan bawah mulai dari urutan paling bawah, jika ditemukan hasil penjumlahan yang berupa puluhan maka anda diwajibkan untuk menuliskan bagian satuannya saja. Di tengah-tengah test anda akan mendapatkan aba-aba untuk pindah nah di saat seperti ini anda harus berpindah untuk mengerjakan soal di lain kolom, begitu seterusnya hingga selesai. Untuk bisa melewati test ini perhatikan posisi duduk anda dan temukan posisi yang paling nyaman, jangan sungkan untuk izin kebelakang sebelum test dimulai jika anda merasa perlu ke toilet selain itu diperlukan perasaan yang tenang dan konsenstrasi tinggi untuk menyelesaikan test ini.

3. Tes EPP
Dalam tes ini anda akan dihadapkan pada dua pilihan sifat, dan anda dberikan pilihan untuk memilih salah satu sifat yang paling dekat dengan anda saat ini. Test ini berfungsi besar untuk menentukan cocok atau tidanya anda menempati posisi yang saat ini anda lamar karena dariu test ini akan muncul seberapa konsisten anda, seberapa anda mampu bersosialisai dengan lingkungan dan hal-hal lain yang menggambarkan diri anda secara penuh. Untuk melewati test seperti ini lebih baik mengerjakannya dengan jujur dan tidak ada niat untuk mengakali jawaban.
Berikut contoh soal psikotes tes EPP:
a. Saya suka berdiskusi dengan kelompok kecil
b. Saya suka keadaan tenang

Masih banyak lagi contoh soal psikotes yang terus berkembang sesuai perkembangan manusia namun intinya untuk bisa lolos test psikotes dibutuhkan mental yang tenang, tidak mudah gugup dan kondisi badan yang sehat, semoga bermanfaat.

Suka menulis tentang kesehatan, wisata, kecantikan dan pekerjaan. Imut supel, suka travelling.

Be first to comment