Contoh Surat Dinas

LengkapBanget.com – Contoh Surat Dinas - Surat-menyurat merupakan salah satu cara yang dipakai oleh manusia untuk menyampaikan informasi, Kebiasaan surat seperti ini tidak diketahui jelas asal mula nya namun yang seperti nya hal ini telah berlangsung lama bahkan jauh sebelum ditemukan nya kertas oleh bangsa cina karena sejak dikenal nya budaya menulis, surat sudah mulai diperkenalkan meskipun belum menggunakan media kertas melainkan daun dan kulit hewan. Dalam pelaksanaannya surat bisa digunakan sebagai alat komunikasi baik itu bersifat resmi atau kedinasan maupun yang bersifat pribadi. Surat-surat yang bersifat pribadi saat ini sudah jarang ditemukan namun surat yang bersifat kedinasan masih sering kali ditemukan, contoh surat dinas kenaikan pangkat yang sering ditemui sebagai tanda kenaikan jabatan seseorang.

contoh surat dinas Contoh Surat Dinas

Dalam sebuah surat dinas yang resmi ada beberapa hal yang patut diperhatikan seperti penggunaan bahsa baku, penyebutan urutan gelar bagi undangan yang memiliki gelar cukup banyak selain itu kelebihan surat dinas adalah keabsahan surat tersebut yang biasanya ditandai dengan adanya kop surat, tanda tangan dan stempel.
Berikut ini adalah 12 bagian penting dari sebuah surat dinas:

  • Kop Surat, dalam kop surat ini terdapat informasi mulai dari nama lembaga, alamat lembaga serta logo sebagaio penguat bahwa surat tersebut resmi. Pada contoh surat dinas yang ada di bawah memang tidak disertakan logo karena ini hanya contoh namun pada kenyataan nya kop surat wajib menyertakan logo instansi.
  • Tanggal Surat, Format yang diberlakukan dalam penulisannya adalah ( Nama Kota, Tanggal surat dibuat)
  • Nomor surat, pada umunya format penulisannya seperti berikut (Nomor surat/ Kode surat /Instansi /tahun) masing-masing instansi biasanya memiliki kode sendiri namun penataan penulisan nomer seperti ini adalah hal yang paling umum ditemukan dalam surat-surat resmi.
  • Lampiran, menjelaskan banyaknya lembaran lampiran yang dilampirkan dalam surat tersebut.
  • Perihal, adalah hal pokok apa yang ingin disampaikan dalam surat tersebut.
  • Alamat, Untuk surat dinas yang telah mencantumkan nama dan alamat pada bagaian amplop tidak perlu lagi menuliskan “Nama dan Alamat” pada bagian surat, namun untuk surat yang tidak menggunakan amplop wajib menuliskan “Nama dan Alamat” pada bagian surat nya.
  • Salam Pembuka
  • Isi
  • Salam Penutup
  • Nama Pengirim
  • Tembusan, Tembusan ini adalah pemebritahuan bahwa surat ini tidak hanya dikirimkan kepada satu orang namun ada beberapa orang lain yang juga berhak mengetahui isinya.
  • Inisial, adalah tanda bahwa surat tersebut adalah identik dengan dan otentik di buat oleh orang yang ditunjuk, biasanya inisial hanya akan diketahui oleh pembuat dan orang yang dikirimi surat tersebut.

Berikut contoh surat dinas yang bisa anda jadikan referensi:
Download Contoh Surat Dinas
Password: lengkapbanget.com

Demikian tadi contoh surat dinas dan beberapa hal yang wajib ada dalam surat dinas, semoga bermanfaat.

Suka menulis tentang kesehatan, wisata, kecantikan dan pekerjaan. Imut supel, suka travelling.

Be first to comment