Contoh Surat Resmi

LengkapBanget.com – Contoh Surat Resmi - Surat resmi merupakan salah satu jenis surat yang masih sering dipakai hingga saat ini, karena penggunaan surat sendiri saat ini memang lebih banyak hanya digunakan untuk urusan kedinasan dan sesuatu hal yang resmi, hal ini dikarenakan surat-surat yang bersifat pribadi telah banyak ditinggalkan karena kecenderungan orang yang lebih memilih berkomunikasi dengan telepon maupun email untuk urusan pribadi. Di dalam sebuah surat resmi terdapat beberapa aspek yang mampu membuat sebuah surat tersebut bernilai dan dapat dijadikan patokan atas sebuah keputusan atau perintah yang dianggap resmi dan memiliki nilai hukum. Contoh surat resmi penggusuran lahan atau rumah yang sedang berperkara.

contoh surat resmi Contoh Surat Resmi

Dalam contoh surat resmi seperti di bawah dijelaskan bahwa Dinas Kesehatan memberikan undangan resmi nya pada seseorang untuk menghadiri sebuah kegiatan pada waktu, tempat dan hari yang telah ditentukan.
Dalam pelaksanaanya sebuah surat resmi wajib memenuhi beberapa aspek agar keabsahannya tetap terjaga,berikut beberapa hal yang patut di terapkan dalam pembuatan sebuah surat resmi:

1. Kepala Surat
Kepala surat dalam sebuah surat resmi adalah sebuah identitas instansi yang mengirimkan surat tersebut, dalam sebuah kepala surat terdapat beberapa macam informasi seperti nama instansi, alamat instatnsi, nomor telepon, Po.Box jika ada termasuk Logo Instansi. Jika dalam contoh surat resmi yang ada di bawah tidak menggunakan logo hal ini karena contoh yang di bawah hanya sebatas contoh sedangkan pada kenyataannya harus menggunakan logo.

2. Tanggal Pembuatan Surat
Format untuk penulisannya yang paling sering digunakan adalah (Nama Tempat, Tanggal Bulan dan Tahun) namun masing-masing instansi biasnaya memiliki cara masing-masing untuk menuliskannya.

3. Nomor Surat
Nomor biasanya diperlukan oleh instansi itu sendiri untuk memudahkan proses administrasi dalam dokumen mereka, sehingga tidak ada aturan baku dalam penulisan nya. Pada umumnya nomor surat akan ditulis seperti ini (Nomer/kode/ instansi/tahun).

4. Lampiran
Jika tidak ada lampiran dalam surat tersebut, anda cukup memberikan tanda (-)

5. Perihal
Perihal adalah maksud dari isi surat tersebut, apakah pemberitahuan, Undangan atau kah permohonan izin dan lain sebagainya.

6. Alamat Tujuan
Hal yang sering kurang tepat adalah penulisan nama penerima surat, kesalahan tersebut bisa berupa kesalahan penulisan susunan gelar atau nama lengkap seseorang oleh sebab itu penting untuk mengetahui dengan jelas orang yang akan menerima surat tersebut.

7. Salam Pembuka
Contoh salam Pembuka yang cukup populer:
• Salam Sejahtera
• Saudara..

8. Isi
Dalam isi iniulah diungkapkan maksud dari surat tersebut.

9. Salam Penutup
Contoh salam penutup yang populer:
• Hormat saya
• Hormat kami
• Salam.

10. Pengirim Surat
Nama pengirim surat in dituliskan pada bagian bawah setelah salam, untuk membuktikan keabsahannya nama terang ini dilanjutkan dengan tanda tangan dan pembubuhan stempel.

Demikian tadi contoh surat resmi serta beberapa hal yang harus ada dalam surat resmi.

Berikut dibawah ini contoh surat resmi yang bisa anda jadikan referensi :
Download Contoh Surat Resmi
Password: lengkapbanget.com

Suka menulis tentang kesehatan, wisata, kecantikan dan pekerjaan. Imut supel, suka travelling.

Be first to comment